Kimono
          kimono adalah pakaian tradisional Jepang. Arti harfiah kimono adalah baju atau sesuatu yang dikenakan (kiberarti pakai dan monoberarti barang).
Kimono sekarang ini lebih sering dikenakan wanita pada kesempatan istimewa. Wanita yang belum menikah mengenakan sejenis kimono yang disebut furisode.  Ciri khas furisode adalah lengan yang lebarnya hampir menyentuh lantai. Perempuan yang genap berusia 20 tahun mengenakan furisode untuk menghadiri seijin shiki. Pria mengenakan kimono pada pesta pernikahan, upacara minum teh, dan acara formal lainnya. Ketika tampil di luar arena sumo, pesumo profesional diharuskan mengenakan kimono. Anak-anak mengenakan kimono ketika menghadiri perayaan Shichi-Go-San. Selain itu, kimono dikenakan pekerja bidang industri jasa dan pariwisata, pelayan wanita rumah makan tradisional (ryoutei)dan pegawai panginapan tradisional (ryokan).
Hakama
                Hakama adalah pakaian luar tradisional Jepang yang dipakai untuk menutupi pinggang sampai mata kaki. Di pakai sebagai pakaian bawah, hakama merupakan busana resmi pria untuk menghadiri acara formal seperti upacara minum teh, pesta pernikahan dan seijin shiki. Anak laki-laki mengenakannya ketika merayakan Shichi-Go-San. Motsuki yang dikenakan bersama hakama dan haori merupakan setelan baju pengantin pria tradisional.
                Di kalangan olahraga bela diri tradisional seperti kendo, aikido dan kyuudou, hakama dipakai oleh pria dan wanita. Ketika tidak sedang tidak bergulat, pesumo mengenakan kimono dan hakama ketika tampil di muka umum. Di kalangan shinto, setelan kimono dan hakama adalah pakaian resm kannushi dan miko.
Yukata ( baju sesudah mandi)
Merupakan baju sejenis kimono yang dibuat dari bahan kain katun tipis tanpa pelapis. Dibuat di buat dari kain yang mudah dilewati angin, yukata dipakai agar badan menjadi sejuk di sore hari atau sesudah mandi  malam berendam dengan air panas.
Menurut urutan tingkat formalitas, yukata adalah kimono nonformal yang dipakai pria dan wanita pada kesempatan santai dimusim panas, misalnya sewaktu melihat pesta kembang api, matsuri, atau menari pada perayaan obon. Yukata dapat dipakai siapa saja tanpa mengenal status, wanita sudah menikah ataupun belum.
Obi (sabuk)
Merupakan sabuk pinggang dari kain yang dipakai sewaktu mengenakan kimono atau keikogi. Obi untuk kimono umumnya dibuat dari kain sutra. Kimono pria dikenakan bersama obi dari kain kaku yang sempit, atau kain lentur yang panjang. Kimono wanita dikenakan bersama obi berhiaskan corak tenun atau bordir. Obi dililitkan seperti halnya memakai setagen.     

Comments (0)